Tik tek… Praktik vs Praktek…

Okeh… Langsung saja. Yang benar adalah praktik ya, bukan praktek. Seperti kata KBBI :

prak·tik n 1 pelaksanaan secara nyata apa yg disebut dl teori: teorinya mudah, tetapi — nya sukar; pelaksanaan pekerjaan (tt dokter, pengacara, dsb): – dokter dibuka mulai pukul 15.00perbuatan menerapkan teori (keyakinan dsb); pelaksanaan: aturan itu menemui kesukaran dl — nya;

Sebenarnya mana yang benar dari dua penulisan tadi dapat dengan mudah diketahu dengan mencari istilah turunan lain. Karena istilah yang ada adalah praktikum bukan praktekum, praktikkan bukan praktekkan, praktisi bukan praktesi, jelas bahwa kata yang baku adalah praktik.

Pada program studi saya, tahun lalu, masih dipakai kata praktek pada mata kuliah kerja praktek. Padahal kata ini tak pelak akan tercantum pada Laporan Kerja Praktek yang tidak lain setara dengan skripsi: harus benar tata bahasa dan EYD. Dengan kata praktek ini, judul laporan itu sendiri (dan judul mata kuliah) sudah tidak sesuai KBBI. Jadi sebenarnya saya agak kecewa dengan kekurangperhatianan program studi terhadap hal ini.

Waktu saya menulis laporan kerja praktek saya dengan judul Laporan Kerja Praktik, dosen pembimbing saya waktu itu menanyakan mana yang benar. Rupanya memang kesalahpahaman ini pun masih juga terjadi dikalangan dosen dan penyelenggara KP. Karena pihak penyelenggara kuliah belum menyepakati hal ini, waktu itu saya dipersilakan untuk tetap menulis Laporan Kerja Praktek saja sesuai mata kuliah. Semoga tahun ini sudah dibenari dan pihak penyelenggara KP sudah sepakat dengan kata yang ada di KBBI.

Kata tik-tek lain yang sering dipertukarakan adalah apotik dan apotek. Kali ini yang menang adalah kubu tek. Ya iya lah, yang ada kan apoteker bukan apotiker.

apo·tek /apoték/ n toko tempat meramu dan menjual obat berdasarkan resep dokter serta memperdagangkan barang medis; rumah obat;

Kalau yang makanan itu namanya lotek bukan lotik. Kata ini ternyata juga bisa berarti dempul.

1lo·tek /loték/ n makanan terbuat dr sayuran semacam gado-gado
2lo·tek /loték/ n dempul

Oh ya ada yang lain. Matek. Ini persamaan kata dari yang juga setara rasa dengan kata mampus. Eh, bukan ya. Matek adalah nama mata kuliah: Matematika Teknik. Atau bersifat materialistis? Oh itu matrek.

Kalau jutek, kutek, dan entek itu tidak baku ya. :D Apa sih? Hehe…

About these ads

One thought on “Tik tek… Praktik vs Praktek…

  1. Pingback: Pengrajin dan Perajin : Satu Lagi Kesalahan yang Dibenarkan | Blog Kemaren Siang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s