15 Jejaring Sosial Terpopuler dan 6 Situs Jejaring Sosial Terkenal Lainnya

Layanan web jejaring sosial kini menjadi bagian integral bagi masyarakat modern umumnya dan penduduk internet khususnya. Ada banyak sekali layanan web jejaring sosial di luar sana. Mungkin jejaring sosial terkenal oleh orang Indonesia hanyalah Twitter, Facebook, MySpace, dan mungkin Google+. Sebenarnya banyak sekali jejaring sosial di luar sana dan masing-masing memiliki segmen masyarakat sendiri. Berikut adalah beberapa jejaring sosial yang terkenal alias populer di dunia maya sana. Untuk daftar jejaring sosial secara utuh, Anda dapat mengunjungi halaman wikipedia ini.

Situs Jejaring Sosial Terpopuler, 15 Teratas

Peringkat pada artikel berikut disadur dari Top 15 Most Popular Social Networking Sites yang juga dipublikasikan hari ini (01 Juni 2012). Informasi tambahan diambil dari halaman Wikipedia masing-masing jejaring sosial. Sumber pranala utama dari informasi dapat dilihat pada tautan yang disediakan. Logo juga diambil dari halaman wiki masing-masing. Jika tidak ada, logo diambil dari situsnya langsung. Perbandingan jejaring sosial lain berdasarkan fiturnya (bukan berdasarkan popularitas) dapat Anda baca di toptenreviews.com.

1. Facebook

Siapa yang tak kenal dengan situs ini. Logonya pun kini banyak dipasang di iklan produk mana pun. Semua kalangan pun dari semua jenjang setidaknya pernah mendengar jejaring sosial paling terkenal ini. Semua orang tahu sehingga tidak perlu dibahas banyak-banyak.

Facebook adalah situs jejaring sosial paling populer saat ini dengan 900 juta pengunjung berbeda setiap bulan. Situs ini diprakarsai oleh Mark ZuckerbergEduardo SaverinDustin Moskovitz, dan Chris Hughes pada tahun 2004. Facebook tergolong situs jejaring sosial yang umum. Tidak dikhususkan untuk suatu relasi sosial tertentu. Minimal umur untuk bisa menikmati layanan Facebook adalah 13 tahun.

Pendiri utama Facebook, Mark Zuckerberg, selalu mendapat tuntutan hukum dari Cameron Winklevoss dan Tyler Winklevoss (pendiri UConnect) dengan tuduhan telah mencuri ide mereka membuat jejaring sosial semacam Facebook. Memang dulu Mark dipekerjakan oleh mereka untuk membuat sebuah situs jejaring sosial untu Harvard. Akan tetapi, Mark pun membuat versi jejaring sosialnya sendiri dengan ide tambahannya sendiri. Facebook atau dulu namanya The Facebook pun merambah secara “eksklusif” dari universitas ke universitas di Amerika. Karena eksklusif untuk mahasiswa elit, ketenaran Facebook pun meningkat drastis hingga puncaknya menjadi situs jejaring sosial paling terkenal sekarang.

2. Twitter

Twitter memiliki pengunjung hingga 300 juta orang setiap bulannya. Termasuk pemain baru, Twitter langsung melejit menjadi situs jejaring sosial terkenal kedua di dunia. Banyak yang menggemari Twitter karena ringkas dan sangat cepat dalam update informasi. Twitter memang berfokus pada layaan blogging mikro (microblogging) dan RSS untuk pesebaran informasi. Ia sering disebut-sebut sebagai “SMS-nya internet”. Bahkan ada iklan yang mengatakan bahwa Twitter lebih cepat dari gempa.

Twitter dibangun oleh Jack DorseyNoah GlassEvan Williams, dan Biz Stone pada 15 Juli 2006. Tingkat pertumbuhan Twitter sangat luar biasa. Setahun setelah meluncur terdapat lebih dari 400.000 tweet yang lewat dalam layanan Twitter. Jumlah ini berlipat ganda hingga 100 juta tweet di tahun 2008. Kini rata-rata tweet harian Twitter adalah 340 juta tweet per hari. Logo situs ini pun selalu bersanding di samping logo Facebook pada setiap iklan produk dan promo acara, menunjukkan betapa terkenalnya situs jejaring sosial ini.

3. LinkedIn

Situs jejaring sosial ini fokus pada relasi profesional. Situs ini memiliki 120 juta pengguna di dalamnya. Situs ini dibangun oleh Reid Hoffman, dkk di tahun 2003. Sebagai situs yang bermain di bidang profesionalitas, kita bisa juga mencari relasi atau bahkan pekerjaan pada LinkedIn. Situs ini juga cocok untuk orang yang mencari pekerja sesuai dengan kriteria yang dimasukkan.   LinkedIn akan mencari orang yang cocok sesuai dengan keahlian yang dimasukkan dalam profilenya. Kini, LinkedIn telah menjadi kakas utama de facto  untuk jaringan profesional.

4. Myspace

Myspace bisa dibilang adalah situs yang mempopulerkan layanan jejaring sosial. Mbahnya jejaring sosial. Jejaring sosial menjadi terkenal berkat ia. Memang, ia pernah menjadi situs jejaring sosial paling populer sekitar tahun 2006 dan bahkan melebihi situs pencarian Google pada jumlah pengunjung bulanan. Pada waktu itu ia dihargai hingga sampai $580 juta. Sekarang kondisi Myspace sangat buruk bahkan katanya pengunjung bulanannya lebih rendah dari situs jejaring sosial kurang terkenal Tagged. Jumlah pengguna Myspace sekarang sekitar 100 juta orang. Myspace sekarang dihargai sekitar $12 juta.

MySpace bersifat umum sama seperti Facebook. Semua bisa mendaftar asal sudah mengaku berumur minimal 13 tahun. Myspace dibangun oleh Chris DeWolfe dan Tom Anderson pada tahun 2003.

5. Google+

Google+ bisa dibilang merupakan jejaring sosial paling anyar. Meluncur pada 28 Juni 2011, kini pengguna Google+ sudah mencapai 170 juta orang. Google+ banyak digemari orang karena fitur barunya Circle dan Hangout yang memudahkan orang mengatur komunikasi dan berinteraksi dengan video. Sebelum peluncurannya, Google+ disebut-sebut sebagai pesaing berat Facebook. Pada awal peluncuran, Google+ pun menerima sangat banyak permintaan undangan. Peluncurannya sangat dinanti orang dan sangat terkenal di kalangan techy. Akan tetapi, menurut hasil survey Mashable pada Februari tahun ini, rata-rata waktu orang tinggal di Google+ hanya sekitar 3 menit per bulan dibanding Facebook 7,5 jam per bulan.

Google+ merupakan usaha Google ke sekian kalinya dalam dunia jejaring sosial. Beberapa produk jejaring sosial google sebelumnya adalah Buzz, Wave, dan Health. Kini Google+ menjadi seperti pemersatu dari seluruh layanan tersebar yang dimiliki Google.

6. deviantART

Situs ini adalah surganya para pecinta seni gambar. Jika Anda seorang artis (bukan artis yang di tivi itu log ya), terutama yang bergelut di bidang seni gambar, Anda wajib memunyai halaman disini. Disini Anda juga bisa menemui halaman-halaman dan karya artis-artis terkenal seperti personil Supercell.

DeviantArt meluncur pada 7 Agustus 2000  oleh Angelo Sotira,dkk. Kini deviantART memiliki sekitar 22 juta pengguna dengan 25 juta pengunjung setiap bulannya.

7. LiveJournal

LiveJournal merupakan jejaring sosial yang sangat dekat dengan blog. Pengguna situs ini dapat membuat jurnal dan buku harian (diary). Fitur yang membedakan LiveJournal dari blog kebanyakan adalah fitur daftar teman (friendlist) sehingga ia seperti gabungan blog dan jejaring sosial. Blog bisa dibuat privat atau hanya dibagi ke teman-teman tertentu.

LiveJournal dibuat oleh  Brad Fitzpatrick pada tahun 1999. Awalnya ia membuat LiveJournal sebagai sarana penghubung dia dan teman-teman.  Pengguna LiveJournal sekarang mencapai 17 juta pengguna. Situs ini sangat populer di Rusia.

8. Tagged

Situs jejaring sosial Tagged sama seperti situs jejaring sosial pada umumnya. Tagged bersifat umum sama seperti Facebook. Fiturnya standar melihat profil orang lain, pos, main game, dll. Akan tetapi, fitur lain yang berbeda disini adalah kita bisa  berbagi tag dan memberikan hadiah ke teman.

Tagged dibangun oleh Greg Tseng and Johann Schleier-Smith di pertengahan 2004. Mereka rencanya ingin membuat Yahoo untuk remaja atau MTV masa depan. Tagged mengaku memiliki 100 juta pengguna dalam databasenya. Pengguna ini juga berasal dari situs jejaring sosial hi5 yang ia akuisisi. Akan tetapi, tagged terkenal sebagai situs yang reseh (annoying). Situs ini mengambil daftar email dari kontak email kita dan mengirimi mereka masing-masing undangan untuk bergabung ke tagged. Tagged pun berdalih bahwa mereka sudah kita “tambah” sebagai teman.

9. Orkut

Orkut merupakan jejaring sosial milik Google. Situs ini dinamai berdasarkan salah satu pegawai Google yakni Orkut Büyükkökten. Si Orkut membangun Orkut.com sebagai proyek sampingan saat ia bekerja di Google tahun 2004. Orkut sangat populer di Brazil dan India. Sekarang ia dioperasikan dan dimanajemen secara penuh di Brazil. Kini ia mulai merambah ke Estonia walaupun juga sudah mulai sepi karena banyak yang beralih ke Facebook. Jumlah pengguna Orkut mencapai 100 juta pengguna. Di Orkut, pengguna dapat mengganti halaman profilnya dengan pilihan tema dengan beragam warna.

10. CafeMom

Jejaring sosial ini unik sekali karena ia dikhususkan untuk ibu-ibu atau wanita yang sesaat lagi menjadi ibu. Memang situs ini dibatasi untuk pengguna minimal 16 tahun dan wanita. Prinsip situs ini adalah bebas pria (ketahun akun cowok akan langsung dihapus). Situs ini menyedian tempat bagi para ibu untuk saling bertanya dan bertukar informasi. Situs ini juga memiliki adik berupa jurnal bagi ibu-ibu yang membahas gosip selebriti, masalah dan dilema keibuan beserta solusi, dan cara mendekor rumah.

CafeMom dibuat oleh  Andrew Shue dan Michael Sanchez pada tahun 2006. Setahun dari peluncurannya ke dunia maya, CafeMom sudah diramaikan oleh para pengunjung wanita menurut comScore. Pada tahun 2009, situs ini mulai mendapatkan keuntungan pertamanya. Kini, CafeMom memiliki 1,2 juta pengguna. Pengunjung unik tiap bulannya hingga 8 juta orang dengan 140 juta kunjungan.

11. Ning

Ning adalah jejaring sosial yang unik. Pengguna dapat membuat “jejaring sosial”-nya sendiri disini. Tampilan, rasa, dan bahkan set fitur setiap jejaring sosial (seperti foto atau likes) dapat diatur sendiri oleh pengguna. Bahkan persyaratan untuk mendaftar jejaring sosial yang dibuat juga bisa diatur. Sampai Juni 2011, terdapat lebih dari 90.000 jejaring sosial yang dibuat disini. Jejaring ini dinamai Ning Networks.

Ning dibangun bersama oleh  Marc Andreessen dan Gina Bianchini. Andreessen adalah founder dari Netscape. Secara global, Ning memiliki 65 juta pengunjung unik per bulan.

12. Meetup

Meetup adalah jejaring sosial yang memfasilitasi perencanaan “ketemuan” di dunia nyata. Meetup bisa menghubungkan pengguna berdasarkan minat seperti politik, game, musik, dll. Menurut www.ebizmba.com, situs ii memiliki 7,5 juta pengunjung unik setiap bulannya.

13. myLife

myLife dibangun oleh Jeffrey Tinsley  pada tahun 2002 setelah ia bertemu istrinya pada reuni SMA. Konsep reuni (dulu nama situsnya reunion.com) dan bertemu dengan teman lama, keluarga jauh, atau cinta yang hilang adalah ide dari situs jejaring sosial ini. Dengan 28 juta pengguna, myLife memiliki 4,2 juta pengunjung unik (dari Amerika Serikat saja) per bulannya.

14. myYearbook

MyYearbook adalah jejaring sosial yang dibentuk pada tahun 2005 oleh Geoff Cook, David Cook, dan Catherine Cook. Situs ini memiliki filosofi untuk bertemu orang-orang baru. Situs ini akan diubah nama menjadi Meet Me tanggal 4 Juni mendatang. Katanya, Yearbook lebih mengesankan untuk bertemu teman sesekolah dan Meet Me lebih menggambarkan tujuan utama jejaring sosial ini. Salah satu fitur myYearbook adalah ekonomi virtual sehingga kita bisa belanja makan siang atau memberi sumbangan ke teman di dalam situsnya. MyYearbook memiliki 20 juta pengguna dengan jumlah pengguna unik per bulan 8 juta orang.

15. Badoo

Situs jejaring sosial Badoo berfokus pada perkencanan. Situs ini dibangun oleh enterpreneur Andrey Andreev pada tahun 2006. Kini Badoo mengklaim memiliki jumlah pengguna terdaftar sebanyak 150 juta orang. Situs ini ramai kebanyakan di Amerika Latin, Itali, dan Perancis.


Situs Jejaring Sosial Populer Lainnya

Sebenarnya terdapat pula beberapa jejaring sosial lain yang termasuk populer jika dilihat dari sudut tertentu. Situs jejaring sosial berikut adalah situs jejaring sosial yang juga populer tetapi tidak masuk ke daftar diatas.

Qzone

Qzone adalah situs jejaring sosial yang dibuat oleh Tencent pada tahun 2005. Pada situs ini, pengguna bisa membuat blog, jurnal, atau buku harian sama seperti LiveJournal. Tambahannya lagi, pengguna bisa berbagi foto dan mendengar musik disini. Pada daftar jejaring sosial di Wikipedia, Qzone memiliki jumlah pengguna yang fantastis menyaingi semua jejaring sosial di atas (kecuali Facebook). Jumlah penggunanya 400 juta orang. Wajar, situs ini memang terkenalnya di RRC.

Sina Weibo

Sina Weibo (secara literal diartikan Sina Blogging Mikro) adalah situs blogging mikro populer di China. Ia disebut sebagai perpaduan Facebook dan Twitter. Sebanyak 30% dari pengguna internet di China mengunjungi situs ini. Sampai Februari 2012, tercapat 300 juta pengguna dalam situs ini.

HABBO

Habbo adalah situs jejaring sosial asal Finlandia yang ditujukan untuk remaja. Pengguna situs ini mencapai 200 juta orang. Pengunjung unik situs ini per bulannya sekitar 10 juta orang. Fitur utama HABBO adalah berupa program klien yang dibuat dengan teknologi Adobe Flash. Setelah login, pengguna akan masuk ke dalam tampilan hotel. Dari tampilan hotel ini, pengguna bisa menghubungi satu sama lain dengan HabboChat dan berjalan-jalan dari satu ruang ngobrol ke ruang ngobrol lain. Ruang ngobrol ada yang publik untuk semua orang dan ada yang pribadi dan bisa diubah-ubah sendiri. Di dalam ruang pribadi ini kita juga bisa “membeli” hewan peliharaan virtual. Pembelian hewan dan furnitur ruangan dilakukan dengan mata uang maya yang ada  pada Habbo.

hi5

Situs jejaring sosial hi5 didirikan pada 2003 oleh Ramu Yalamanchi. Fitur situs ini sama seperti fitur jejaring sosial pada umumnya dan banyak berfokus pada game. Pada tahun 2008 situs ini pernah menjadi situs jejaring sosial terpopuler ke tiga menurut comScore. Pengguna terdaftar hi5 tercatat mencapai 80 juta pengguna. Pada tahun 2011 akhir, situs ini dibeli oleh situs jejaring sosial Tagged.

bebo

Bebo adalah jejaring sosial yang didirikan pada 2005 oleh Michael Birch dan Xochi Birch. Kepanjangan dari nama situs ini adalah Blog Early, Blog Often. Pada situs ini pengguna dapat mengepos artikel, foto, video, atau kuisioner selayaknya sebuah weblog kemudian pengguna lain dapat memberikan respons jawaban atas pos tersebut.

Pada tahun 2008, bebo dibeli oleh AOL seharga $850 juta. Pembelian ini disebut BBC sebagai pembelian terburuk sepanjang sejarah dot com “one of the worst deals ever made in the dotcom era“. Hal ini disebabkan oleh kepopuleran bebo yang cenderung merosot, platform yang tidak stabil, dan krisis finansial.

Tercatat lebih dari 100 juta pengguna terdaftar pada bebo. Pada puncak kejayaannya, bebo menjadi situs jejaring sosial paling populer di Inggris melebihi Myspace. Di Irlandia, kabarnya bebo bahkan lebih populer dibanding situs pencarian Google.

Pinterest

Pinterest adalah jejaring sosial yang bertindak seperti papan pengumuman online (online pin board). Di papan pengumuman ini, kita mengepin artikel dan foto menarik yang kita suka dari berbagai belahan web. Papan pengumuman ini, disebut pinboard, bisa ditemakan dengan kategori tertentu agar mudah ditata dan diperhatikan oleh pengguna lain. Kita bisa mengikuti pinboard milik pengguna lain yang sesuai dengan minat kita.

Situs pinterest adalah situs yang masih baru. Ia diluncurkan pada Maret 2009 dan mulai populer 2011 silam. Jika kita mengunjungi halaman depan pinterest, kita langsung berhadapan dengan beberapa pin berisi artikel dan foto menarik. Sayangnya untuk bisa menikmati fitur pinterest lebih luas kita harus mendapatkan undangan terlebih dahulu. Pinterest belum mengizinkan pengguna umum untuk mencicipi dalaman situsnya. Pada Januari 2012, Pinterest memiliki 11 juta pengunjung unik tiap bulannya.

Artikel Terkait

101 thoughts on “15 Jejaring Sosial Terpopuler dan 6 Situs Jejaring Sosial Terkenal Lainnya

  1. Pengguna Facebook saat ini jumlahnya menyentuh angka 1,3 milyar, klo diibaratin sebagai sebuah negara berarti Facebook adalah negara ke-3 terbesar didunia setelah China dan India, WOW!

  2. Pingback: Lailatan Noor

  3. Pingback: MEDIA SOSIAL & JEJARING SOSIAL (Social Media & Social Network) | gustiyudiputra

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s